Tentang si Otan – about us

image

Kami dapat dihubungi untuk info lebih lanjut melalui:

 

  • Telp/WhatsApp: +6285313141496, atau
  • BBM (pin): D840BC3C

 

—000—

 

Awalnya selalu ingin membahagiakan putra tercinta, my luvly son: Ghia. Senang saja melihat anak itu bahagia, tertawa, ngobrol dan lain sebagainya.

 

Mendapat juga informasi atau ilmu dari referensi-referensi yang saya baca tentang manfaat mendongeng yang sangat baik bagi anak. Terutama yang saya rasakan adalah intensitas interaksi dengan anak. Mendongeng bisa tanpa peraga ataupun dengan alat peraga.

 

Saya menggunakan media boneka untuk mendongeng. Menurut saya, menggunakan boneka terasa lebih efektif, terasa lebih ‘nyambung’ untuk menyampaikan pesan-pesan terhadap anak.

 

Melihat bagaimana attracted anak-anak terhadap apa yang disampaikan, apa yang diceritakan melalui boneka, melihat bagaimana mereka bahagia … happy terhadap aktivitas itu, kok saya jadi ikutan happy yang gimana gitusurely lho.

 

Selain mendongeng kepada anak sendiri, saya coba mendongeng kepada anak-anak lain: baik itu teman-teman anak saya di rumah, teman-teman di sekolahnya.

 

Akhirnya berkembang, saya mulai mendongeng, bercerita, bermain-main dengan anak-anak di lingkungan teman-teman tempat saya kerja dan seterusnya.

 

Efek lain yang saya harapkan selain anak-anak happy dan got the message dari kegiatan mendongeng ini adalah kegiatan mendongeng dapat berkontribusi terhadap mindset mereka, sedikit banyaknya. Mindset yang mereka miliki kelak dapat berpengaruh positif pula terhadap perilakunya, attitudenya, agar menjadi positif pula.

Saya agak terkesan saat membaca buku yang berjudul Story telling and social change yang ditulis oleh Paul vanDeCarr (2015). Story telling – mendongengpun adalah bagian dari story telling, dapat berkontribusi terhadap suatu perubahan sosial, wow sekali.

 

Walau tidak semuluk itu, saya sangat berbangga kalau dengan apa yang saya lakukan dapat sedikit banyaknya berkontribusi yang terkait dengan perubahan sosial.

 

Terkait dengan blog ini, informasi yang ada didalamnya merupakan cerita tentang perjalanan mendongeng saya (nama alias dalam kegiatan mendongengnya adalah om Babab).

 

Mendongeng untuk anak-anak, usia TK hingga SD.

 

Dimana dalam mendongeng, saya menggunakan media boneka tangan (hand puppet). Diantaranya adalah menggunakan boneka harimau dan orang utan.

 

Dengan datangnya permintaan-permintaan kepada saya untuk mendongeng, saya coba mempraktikan aktivitas mendongeng ini melalui kegiatan yang bersifat sosial maupun komersial.

 

Semoga penjelasan diatas dapat memberikan informasi singkat tentang siapa saya dan aktivitas mendongengnya.

 

Salam,

 

@kangbugi 

 

more about me: http://bugisumirat.wordpress.com

 

Oya, Babab adalah panggilan anak saya kepada saya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s