Mendongeng in English? ayo aja

Mendongeng in English di sebuah bilingual school - dok pribadu

Bercerita dalam bahasa Indonesia telah menjadi hal yang rutin atau biasa dilakukan dan jarang sekali mengalami kendala, kecuali kalau mendongengnya di daerah yang berada di daerah dengan bahasa daerah yang bahasa daerahnya tidak dikuasai oleh si pendongeng.

Nah pengalaman di bawah ini terjadi saat saya mendongeng di sebuah sekolah yang bilingual – artinya, di sekolah tersebut menggunakan bahasa Inggris saat gurunya menyampaikan materi pelajarannya.

“wah,  saya nggak tahu kalau sekolah ini adalah sekolah bilingual.” Begitu yang saya sampaikan saat saya tiba di sekolah tersebut untuk memenuhi undangan mendongeng.

“nggak apa-apa kok kang,  kang Bugi kan tamu, jadi nanti mendongengnya tetap saja (dengan) bahasa Indonesia.” jawab salah seorang guru yang juga menjadi panitia di acara tersebut.

Saya saat itu diundang untuk mendongeng dalam acara memperingati Hari Bumi yang jatuh di bulan Maret lalu.

Akhirnya saya tanya balik panitianya, “ya sudah, saya pake English saja ya mendongengnya, tapi sebisa saya.” sambil agak malu-malu sambil berusaha meyakinkan diri ala ‘yes you can’nya Obama itu. Panitia itupun hanya mengangguk saja – mungkin terlihat meragukan ya.

Tanpa persiapan, memberanikan dirilah saya kemudian untuk mendongeng in English. Alhamdulillah, dari dua babak dongeng yang saya bawakan, babak pertama mostly full in English. Babak kedua agak keteteran, karena si Otan sudah keluar nih. Belum terbiasa untuk berbagi peran sebagai kang Bugi dan sebagai si Otan dalam berdialog, apalagi di depan panggung seperti itu. So, di babak ini, ya kebalikannya menjadi mostly full in Indonesian.

Alhamdulillah ada pengalaman baru. Pelajaran yang dapat dipetik adalah ‘you are need more practice, practice and practice to telling stories in English, especially when partnering with si Otan’. Intinya praktik, praktik dan praktik ya.

Salam

 

 

Leave a Reply

