Gaya bercerita/mendongeng

Saat mendongeng di Panakukkang (Feb 2017)
Saat mendongeng di Panakukkang (Feb 2017)

Gaya bercerita atau mendongeng yang biasa saya lakukan adalah dengan membuat skenario atau alur cerita yang dapat memotivasi dan menggugah semangat dan pola berpikir anak-anak yang menjadi audiens bercerita saya.

Gaya bercerita boleh berbeda (sumber: wikipedia)
Gaya bercerita boleh berbeda (sumber foto: wikipedia)

Saya tidak terlalu menyampaikan seperti apa yang menjadi domain dari buku-buku cerita atau dongeng yang ada – misalnya dongeng tradisional kancil mencuri mentimun, atau jenis ‘fairy tales‘, misalnya. Kecuali saat saya berceritakan dengan metode membaca buku cerita, ini lain ceritanya. Saya akan berpegang pada buku cerita yang saya jadikan acuan bercerita.

Saya lebih menekankan pada bercerita atau mendongeng yang storytelling dengan telling stories yang khas saya dan si Otan. Karena sifatnya yang telling stories – bercerita, saya tetap membuat alur cerita terlebih dahulu tentang apa yang akan saya ceritakan, lebih banyak terkait dengan menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan sekitar kita dan lingkungan Indonesia pada umumnya.

Stories atau cerita-cerita banyak macamnya, sebagian yang telah melihat bagaimana saya bercerita atau mendongeng, kadang mengkategorikan saya sebagai pemotivator anak, pecerita atau pacharita yang tidak terlalu mendongeng, bahkan ada yang menyebut saya dengan penyuluhan untuk anak-anak. Let it be like that saja.

Mungkin kategori cerita-cerita yang disebut kontemporer dapat lebih tepat. Saya berusaha memasukkan unsur-unsur atau informasi-informasi yang bermakna dalam perubahan paradigma berpikir (hopefully). Hingga seorang Kompasianer menuliskan kesannya itu, setelah menyaksikan gaya saya mendongeng dengan persepsinya tentang reproduksi budaya. Artikel lengkap dapat dilihat di sini: https://dongengsiotan.wordpress.com/2017/04/02/dongeng-si-otan-yang-berorientasi-reproduksi-budaya/

Sebagai tambahan, contoh alur cerita di bawah ini dapat sedikit memperjelas tentang bagaimana saya telling stories atau bercerita/mendongeng di hadapan anak-anak audiens saya.

Contoh alur cerita/skenario mendongeng si Otan:

Perkenalan [siapa saya/kak Bugi & bersama siapa kak Bugi akan bercerita]; Mengapa si Otan kabur dari hutan – kondisi apa yang menyebabkan hingga ia kabur [dilakukan secara berdialog, menyemangati akan cinta fauna dan flora Indonesia, mengerti tentang hewan yang dilindungi – seperti Orang utan] [Menyanyi lagu Balonku – untuk menghibur si Otan & menyambut kedatangannya]; Mencari pengertian tentang apa itu hutan? apa akibat dari penggundulan hutan (banjir, polusi, penyakit – akibat banjir, erosi, dlsb – gali dari audiens) [Menyanyi lagu Potong Bebek Angsa – membedakan hewan dilindungi dengan hewan ternak seperti bebek + masa kanak-kanak harus bahagia seperti nada gembira di lagu potong bebek angsa]; Bagaimana mencegah hutan gundul (boleh tebang, tapi harus tanam pohon lagi: tebang satu tanam sepuluh] – kaitkan tanaman dengan hutan dan pentingnya pohon-pohon untuk hewan hutan seperti kaum si Otan [Menyanyi lagu Tik tik bunyi hujan – menggambarkan keceriaan si Otan saat hujan turun]; Terakhir adalah mengajak audiens berdiskusi tentang cita-cita dan pekerjaan saat dewasa nanti. Penekanannya adalah pada masih luasnya jenis-jenis profesi/pekerjaan/cita-cita untuk anak-anak Indonesia serta inti mencari pekerjaan, yaitu yang Halal dan Bermanfaat; Akhir acara: si Otan berpamitan dan toss hi five, bersama-sama menyanyikan lagu Di sini senang, di sana senang].

Seperti itulah contoh alur cerita yang saya buat menjelang ‘manggung’.

Namun gaya bercerita – mendongeng tersebut tentu tidaklah kaku. Lebih kepada ‘my style‘ saja. Disesuaikan dengan waktu dan tempat dilaksanakannya bercerita/mendongeng itu termasuk keinginan audiens dapat dijadikan pijakan membuat alur cerita akan didasarkan kepada apa dan bagaimana.

Semoga bermanfaat

@kangbugi

Leave a Reply

