Dongeng si Otan – about storytelling

img-20160315-wa0004.jpg

Kami dapat dihubungi untuk info lebih lanjut melalui:

  • Telp/WhatsApp: +6285313141496, atau
  • BBM (pin): D4B560B5

—000—

Awalnya selalu ingin membahagiakan putra tercinta, my luvly son: Ghia Bugiputra. Senang saja melihat anak itu bahagia, tertawa, ngobrol dan lain sebagainya.

Mendapat juga informasi atau ilmu dari referensi-referensi yang saya baca tentang manfaat mendongeng atau bercerita atau telling stories, yang sangat baik bagi anak. Terutama yang saya rasakan adalah intensitas interaksi dengan anak, berkembangnya imajinasi anak dan lain sebagainya.

Mendongeng bisa tanpa peraga ataupun dengan alat peraga.

Saya menggunakan media boneka (boneka tangan – a hand puppet) untuk mendongeng. Menurut saya, menggunakan boneka terasa lebih efektif, terasa lebih ‘nyambung’ untuk menyampaikan pesan-pesan terhadap anak.

Melihat bagaimana attracted anak-anak terhadap apa yang disampaikan, apa yang diceritakan melalui boneka, melihat bagaimana mereka bahagia … happy terhadap aktivitas itu, kok saya jadi ikutan happy yang gimana gitu. for sure lho.

Selain mendongeng kepada anak sendiri, saya coba mendongeng kepada anak-anak lain: baik itu teman-teman anak saya di rumah ataupun teman-teman di sekolahnya.

 

Akhirnya berkembang, saya mulai mendongeng, bercerita, bermain-main dengan anak-anak di lingkungan teman-teman tempat saya kerja dan seterusnya ‘tercebur’ ke dalam wilayah yang lebih luas.

Efek lain yang saya harapkan selain anak-anak happy dan got the message dari kegiatan mendongeng ini adalah kegiatan mendongeng dapat berkontribusi terhadap mindset mereka, sedikit banyaknya. Mindset yang mereka miliki kelak dapat berpengaruh positif pula terhadap perilakunya, attitudenya, agar menjadi positif pula.

Saya agak terkesan saat membaca buku yang berjudul Story telling and social change yang ditulis oleh Paul vanDeCarr (2015). Story telling – mendongengpun adalah bagian dari story telling, dapat berkontribusi terhadap suatu perubahan sosial, wow sekali.

Walau tidak semuluk itu, saya sangat berbangga kalau dengan apa yang saya lakukan dapat sedikit banyaknya memberikan kontribusi terkait dengan terjadinya perubahan sosial.

Terkait dengan blog ini, informasi yang ada didalamnya merupakan cerita tentang perjalanan storytelling saya.

Mendongeng, bercerita, storytelling untuk anak-anak, usia TK hingga SD. Materi bercerita saya lebih dititikberatkan terhadap permasalahan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mungkin karena merupakan latar belakang dimana saya bekerja. Sehari-hari saya bekerja sebagai peneliti Sosiologi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Balai Litbang LHK Makassar di Makassar. Materi yang saya sampaikan biasanya tentang perlunya cinta hewan-hewan (Indonesia) yang dilindungi (diwakili oleh si Otan – seperti diketahui, Orang Utan termasuk kedalam endangered species – spesies yang dilindungi), cinta tanaman/pepohonan dan alam sekitar, pentingnya menjaga kebersihan, serta yang terkait motivasi – mencoba membuka ‘wawasan/mindset‘ mereka tentang cita-cita. Anak Indonesia perlu memiliki cita-cita yang varitatif, tidak hanya yang ‘itu-itu’ saja (tentang hal tersebut pernah saya ulas di sini: https://bugisumirat.wordpress.com/2014/09/25/cita-cita-seperti-air-sungai-yang-mengalir/). Penekanan saya adalah, bila anak-anak besar nanti, banyak pilihan sebagai sasaran cita-cita, yang penting adalah HALAL dan BERMANFAAT.

Saat bercerita, saya lebih menitikberatkan kepada terjadinya dialog interaktif (ngobrol, bernyanyi dan beraktivitas gembira) plus boneka tangan plus beberapa tetabuhan atau alat musik sederhana (bila memungkinkan, beberapa lagu anak-anak dalam format MP3 menjadi suatu kelengkapan juga).

Boneka tangan (hand puppet) yang biasa saya gunakan adalah boneka harimau (si Tigar), boneka bernama Bert (terutama untuk English speaking conversation) dan boneka Orang Utan (si Otan).

Dengan datangnya permintaan-permintaan kepada saya untuk mendongeng atau telling stories ini, saya coba mempraktikan aktivitas bercerita ini melalui kegiatan yang bersifat sosial maupun komersial.

Semoga penjelasan diatas dapat memberikan informasi singkat tentang siapa saya dan aktivitas mendongeng atau storytelling yang saya lakukan.

Salam,

 

@kangbugi 

 

more about me: http://bugisumirat.wordpress.com

 

 


Leave a Reply

